SILABUS
Kolokium
Perjanjian Lama
Matakuliah : Kolokium Perjanjian Lama
Bobot :
3 SKS
Program : Pasca Sarjana (Magister
Pendidikan Agama Kristen)
Dosen : Dr. Junior Natan
Silalahi
Terminologi
Colloquium bhs Inggris arti: seminar. Kolokium menurut KBBI: pertemuan
keahlian; seminar; kegiatan belajar (pada tataran pendidikan sarjana) yang
dilakukan dalam bentuk seminar untuk membahas proyek penelitian bertaraf
lanjutan.
Deskripsi Matakuliah Koloqium
Perjanjian Lama
Kolokium Perjanjian Lama adalah salah satu matakuliah yang disajikan dalam
kuliah tingkat Pasca Sarjana dengan konsentrasi bidang kajian kitab Perjanjian
Lama. Dalam matakuliah ini akan diseminarkan tentang pokok-pokok penting yang
menjadi kajian dalam kitab Perjanjian Lama. Adapun tema-tema yang dipilih
adalah tema sentral dalam Perjanjian Lama.
Matakuliah ini tentunya merupakan tingkat lanjutan dari jenjang Sarjana; di
mana dalam tingkat ini telah membahas matakuliah-matakuliah tertentu yang
menjadi dasarnya: Pengantar Perjanjian Lama, Tafsir Perjanjian Lama, Teologi
Perjanjian Lama. Dalam matakuliah Kolokium PL ini akan mengulas secara singkat,
jelas dan padat tema-tema pokok dalam Perjanjian Lama secara komprehensif.
Tentu, tidak akan mungkin membahas secara detail kembali semua kitab-kitab
yang ada dalam PL, namun paling tidak secara prinsipil dan garis besar akan
dibahas dalam matakuliah ini.
Materi Bahasan Kuliah
1. Penyingkapan Diri Allah
2.
Sifat Dasar
Allah
3.
Penciptaan
dan Pemeliharaan
4.
Manusia
5.
Dosa
6.
Perjanjian
7.
Hukum
8.
Ibadah
9.
Kesalehan
10.
Etika
11.
Hikmat
12.
Roh Allah
13.
Nubuat
14. Pengharapan Israel
STANDAR PENILAIAN
1. Partisipasi dan kehadiran : 10%
2. Meringkas 1 Buku : 20%
3. Presentasi : 20%
4. Resensi Buku : 10%
4. UTS
: 20%
5. UAS : 20%
Referensi Buku
1.
Baker,
D.L, Mari Mengenal Perjanjian Lama, Jakarta:
BPK Gunung Mulia, 1992
2.
Barth
Ch., Teologi Perjanjian Lama 1 dan 2, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.
3.
Blommendaal,
Pengantar Kepada Perjanjian Lama, Jakarta BPK Gunung Mulia, 2010.
4.
Dennis
Green, Pembimbing Pada Perjanjian Lama, Malang: Gandum Mas.
5.
Drane, John, BAGAIMANA MEMAHAMI PERJANJIAN
LAMA, Jakarta: Persekutuan Pembaca Alkitab, 2003
6.
Lasor,
W.S. dkk, Pengantar Perjanjian Lama 2, Jakarta:
BPK Gunung Mulia, 1994.
7.
Rowlwy
H.H., Ibadat Israel Kuno, Jakarta;
BPK Gunung Mulia, 1983.
8.
Guthrie, D, J.A. Motyer,
D.J. Wiseman. Editors.
TAFSIRAN ALKITAB MASA KINI 1
dan 2,
KEJADIAN-MALEAKHI. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF.
9.
ENSIKLOPEDI ALKITAB MASA KINI. Jakarta:
Yayasan Komunikasi Bina Kasih, Cetakan kedua 1994.
10.
Moody
Handbook 1, Teologi Perjanjian Lama, Moody Press.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PASCA SARJANA SEKOLAH
TINGGI TEOLOGI IKSM
Mata Kuliah : Kolokium
Perjanjian Lama
Bobot : 3 SKS
Jurusan/Jenjang : Program Pasca Sarjana
Dosen : Dr. Junior Natan Silalahi
PROSES BELAJAR MENGAJAR
Dosen : Menerangkan (dengan
contoh) ,diskusi, memberi tugas
Mahasiswa : Mendengar, Mencatat,
diskusi, mengerjakan tugas
Media : Laptop, Papan
Tulis dan Overhead Projector
Evaluasi :
Hasil Test Mingguan, Ujian Mid, Ujian Akhir dan Tugas
|
|
|
Matakuliah:
Kolokium Perjanjian Lama
Ke
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pengamalan Belajar
|
Materi Pokok
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
Penilaian
|
1
|
Menjelaskan
Konsep Penyingkapan dalam Perjanjian Lama
|
a. Mahasiswa mengetahui dasar penyingkapan dalam PL
b. Mahasiswa mampu mengetahui contoh-contoh utama
penyingkapan Diri Allah
|
a. Penjelasan
dari kelas
b. Diskusi
c. Tanya
jawab
1.
dengan dosen
|
a. Allah memanggil Abraham (Kej 12).
b. Perjanjian Allah dgn Abram (Kejadian 15 dan 17)
c. Arti nama Allah (Kej 28:13)
d. Penyingkapan Diri Allah (Keluaran 3)
e. Ia memperkenlkan Diri-Nya (Keluaran 6:1-2).
f. Penyingkapan melalui tidakan-Nya (Keluaran 19:3
dan 20:1-2)
g. Tuhan memperlihatkan kemuliaan-Nya (Keluaran
33:18-23)
h. Allah menyatakan dimensi secara gamblang dalam
Hukum taurat (Keluaran 34:5-10)
i.
Penyingkapan
Diri Selanjutnya melalui para Nabi
|
1
X 120 menit
|
Bahan
Ajar, Buku
|
|
2
|
Menjelaskan konsep dasar sifat Allah dalam PL
|
a. Sarana Penyingkapan Allah dalam
Perjanjian Lama
b. Watak Allah
c. Karakter dan kegiatan Allah
|
2.
a. Penjelasan
dari kelas
b. Diskusi
3.
c. Tanya jawab dengan dosen
|
a. Malaikat Tuhan
b. Wajah Allah
c. Kemuliaah Allah
d. Antropomorfisme
e. Teofani
f. Kristofani
g. Nama-nama Allah
h. Sifat Allah
i. Nama Allah
|
1 X
120
menit
|
Bahan
Ajar
|
Kuis
|
Ke
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pengamalan Belajar
|
Materi Pokok
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
Penilaian
|
3
|
Menjelaskan
konsep Penciptaan dan Pemeliharaan Allah dalam Perjanjian Lama
|
a. Mahasiswa
mengetahui konsep Penciptaan dalam PL
b. Mahasiswa
mengetahui konsep Pemeliharaan Allah
|
a. Penjelasan
dari kelas
b.
Diskusi
c.
Tanya jawab
4.
dengan dosen
|
a. Penciptaan
b. Dengan Firman
c.
Ex Nihilo
d. Pemeliharaan Allah
|
1
X 120 menit
|
Alkitab dan Buku
|
Kuis
|
4
|
Menjelaskan mengenai hakekat manusia (laki-laki dan perempuan).
|
a. Mahasiswa memahami
penciptaan manusia dalam Perjanjian Lama
b. Mahasiswa memahami
makna manusia segambar dan serupa Allah
c. Mahasiswa memahami
Mandat Budaya
|
5.
a. Penjelasan
dari kelas
b.
Diskusi
6.
c. Tanya jawab
dengan dosen
|
a. Penciptaan
Laki-laki dan Perempuan
b.
Menurut gambar dan rupa Allah
c.
Manusia berkuasa atas ciptaan lain
d.
Mandat Budaya
|
1 X 120
menit
|
Bahan Ajar
|
|
Ke
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pengamalan Belajar
|
Materi Pokok
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
Penilaian
|
5
|
Menjelaskan
hakekat Dosa dalam Perjanjian Lama
|
a.
Mahasiswa mengetahui Asal Mula
Dosa menurut Perjanjian Lama
b.
Mahasiswa
mengetahui Dosa menurut ajaran Alkitab
c.
Mahasiswa
mengetahui Sifat dosa dalam Perjanjian Lama
d.
Mahasiswa
mengetahui Akibat Dosa
|
a.
Penjelasan dari kelas
b.
Diskusi
c.
Tanya jawab
7.
dengan dosen
|
a. Asal Mula Dosa menurut Perjanjian Lama
b. Dosa menurut ajaran Alkitab
c. Sifat dosa dalam Perjanjian Lama
d. Akibat Dosa
|
1
X 120 menit
|
Buku dan Alkitab
|
|
6
|
Menjelaskan konsep perjanjian dalam PL
|
a.
Mahasiswa memahami Latar belakang Gagasan
“perjanjian”
b.
Memahami Perkembangan Konsep Perjanjian dalam PL
c.
Memahami Perjanjian Adam-Perjanjian Daud
d.
Implikasi Teologis konsep Perjanjian
|
8.
a. Penjelasan
dari kelas
b.
Diskusi
9.
c. Tanya jawab
dengan dosen
|
e.
Latar belakang Gagasan Perjanjian
f.
Perkembangan
Konsep Perjanjian dalam PL
g.
Perjanjian
Adam-Perjanjian Daud
h.
Implikasi
Teologis
|
1 X 120
menit
|
Bahan Ajar
|
|
|
|
Ke
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pengamalan Belajar
|
Materi Pokok
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
Penilaian
|
7
|
Menjelaskan
konsep Hukum dalam Perjanjian Lama
|
a.
Mahasiswa mengetahui Latar belakang dan Perkembangan Konsep Hukum
b.
Mahasiswa mengetahui Hukum dalam masyarakat
c.
Mahasiwa mengetahui konsep Hukum Taurat
|
a.
Penjelasan dari kelas
b.
Diskusi
c.
Tanya jawab
10.
dengan dosen
|
a.
Latar belakang dan Perkembangan
Konsep Hukum
b.
Hukum dalam masyarakat
c.
Hukum Taurat
|
1
X 120 menit
|
Bahan
Ajar
|
|
8
|
Menjelaskan hakekat Ibadah dalam Perjanjian Lama
|
a. Mahasiswa
memahami Bentuk Ibadah PL
b. Mahasiswa
memahami Tempat-tempat Kudus
c. Mahasiwa
memahami Hari-hari Kudus
d. Mahasiswa memahami Pebuatan-perbuatan
Kudus
e. Mahasiswa
memahami konsep Korban dalam PL
|
d.
a. Penjelasan
dari kelas
b.
Diskusi
e.
c. Tanya jawab
dengan dosen
|
a. Bentuk
Ibadah PL
b. Tempat-tempat
Kudus
c. Hari-hari
Kudus
d. Pebuatan-perbuatan
Kudus
e.
Korban
|
1 X 120
menit
|
Bahan Ajar
|
Kuis
|
Ke
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pengamalan Belajar
|
Materi Pokok
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
Penilaian
|
9
|
Menjelaskan
konsep dasar Etika dalam Perjanjian Lama
|
a.
Mahasiswa mengetahui Dasar Etika dalam Perjanjian Lama
b.
Mahasiswa mengetahui Perkembangan
Prinsip-prinsip Etika PL
c.
Mahasiswa mengetahui Ajaran para Nabi
|
a.
Penjelasan dari kelas
b.
Diskusi
c.
Tanya jawab
11.
dengan dosen
|
a. Dasar
Etika dalam Perjanjian Lama
b. Perkembangan
Prinsip-prinsip Etika PL
c. Ajaran
para Nabi
|
1
X 120 menit
|
Bahan
Ajar
|
|
10
|
Menjelaskan hakekat Etika dan moral dalam Perjanjian Lama
|
a.
Mahasiswa memahami Etika PL
b.
Mahasiswa memahami Anugerah Allah dalam
Penciptaan
c.
Mahasiwa memahami Etika dan Moral Abraham
d.
Mahaiswa memahami Hukum Taurat
|
f.
a. Penjelasan
dari kelas
b.
Diskusi
g.
c. Tanya jawab
dengan dosen
|
a.
Etika PL
b.
Anugerah
Allah dalam Penciptaan
c.
Etika
dan Moral Abraham
d.
Hukum
Taurat
|
1 X 120
menit
|
Bahan Ajar
|
|
Ke
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pengamalan Belajar
|
Materi Pokok
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
Penilaian
|
11
|
Menjelaskan
konsep dasar Hikmat dalam Perjanjian Lama
|
a. Mahasiswa mengetahui Perkembangan
gagasan tentang Hikmat
b. Mahasiswa mengetahui
Bagaimana supaya berhikmat
c. Mengetahui Sifat Teologis
tentang Hikmat
d. Mengetahui Sumber Hikmat
e. Mengetahui Himat dan
Kebodohan
|
a.
Penjelasan dari kelas
b.
Diskusi
c.
Tanya jawab
12.
dengan dosen
|
a. Perkembangan gagasan tentang
Hikmat
b. Bagaimana supaya berhikmat
c. Sifat Teologis tentang Hikmat
d. Sumber Hikmat
e. Himat dan Kebodohan
|
1
X 120 menit
|
Bahan
Ajar
|
Kuis
|
12
|
Menjelaskan Roh Allah dalam Perjanjian Lama
|
a. Mahasiswa
memahami Kosa Kata dan Arti Dasar
b. Mahaiswa
memahami Perkembangan teologis pada Periode Awal
c. Memahami
Pada zaman Hakim-hakim dan Kerajaan
d. Memahami
Periode Nabi-nabi
|
h.
a. Penjelasan
dari kelas
b.
Diskusi
i.
c. Tanya jawab
dengan dosen
|
a. Kosa Kata dan Arti Dasar
b.Perkembangan teologis pada Periode Awal
c. Pada zaman Hakim-hakim dan
Kerajaan
d.Periode Nabi-nabi
|
1 X 120
menit
|
Buku dan Alkitab
|
|
|
|
|
|
Ke
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Pengamalan
Belajar
|
Materi
Pokok
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
|
Penilaian
|
13
|
Menjelaskan konsep
Nubuat dalam Perjanjian
Lama
|
a.
Mahasiswa mengetahui Arti dan
tugas Nabi
b.
Mengetahui tentang Musa sebagai nabi pertama
c.
Mengetahui tentang Tradisi kenabian
d.
Mengetahui tentang Kerajaan dalam PL
|
a. Penjelasan dari kelas
b. Diskusi
c. Tanya jawab
13.
dengan dosen
|
a.
Arti dan tugas Nabi
b.
Musa nabi pertama
c.
Tradisi kenabian
d.
Kerajaan
|
1 X 120 menit
|
Bahan Ajar
|
|
14
|
Menjelaskan
tentang
konsep pengharapan bagsa Israel dalam Perjanjian Lama
|
a.
Mahasiswa memahami Harapan mengenai Kerajaan
b.
Memahami konsep Kematian
c.
Memahami konsep Kebangkitan dan pengharapan
hidup kekal
d.
Memahami Dasar historis/eskatologis Pengharapan
Israel
|
j.
a. Penjelasan
dari kelas
b. Diskusi
k.
c. Tanya jawab
dengan dosen
|
a.
Harapan mengenai Kerajaan
b.
Kematian
c.
Kebangkitan dan pengharapan
hidup kekal
d.
Dasar historis/eskatologis
|
1 X 120
menit
|
Bahan Ajar dan Buku
|
Test
|
|
Referensi:
·
Baker,
D.L, Mari Mengenal Perjanjian Lama, Jakarta:
BPK Gunung Mulia, 1992
·
Barth
Ch., Teologi Perjanjian Lama 1 dan 2, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.
·
Blommendaal,
Pengantar Kepada Perjanjian Lama, Jakarta BPK Gunung Mulia, 2010.
·
Dennis
Green, Pembimbing Pada Perjanjian Lama, Malang: Gandum Mas.
·
Drane, John, BAGAIMANA MEMAHAMI PERJANJIAN
LAMA, Jakarta: Persekutuan Pembaca Alkitab, 2003
·
Lasor,
W.S. dkk, Pengantar Perjanjian Lama 2, Jakarta:
BPK Gunung Mulia, 1994.
·
Rowlwy
H.H., Ibadat Israel Kuno, Jakarta;
BPK Gunung Mulia, 1983.
·
Guthrie, D, J.A. Motyer,
D.J. Wiseman. Editors.
TAFSIRAN ALKITAB MASA KINI 1
dan 2,
KEJADIAN-MALEAKHI. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF.
·
ENSIKLOPEDI ALKITAB MASA KINI. Jakarta:
Yayasan Komunikasi Bina Kasih, Cetakan kedua 1994.
·
Moody
Handbook 1, Teologi Perjanjian Lama, Moody Press.
·
Thiessen,
Henry C. Teologi Sistematika. Malang: Gandum Mas, 1992.
·
Willmington.
Eskatologi. Malang: Gandum Mas, 1997.
Saya berterima kasih materi ini. Sangat bagus. Tolong tingkatkan untuk mata kuliah lain juga. Saya mengopi untuk kepentingan pribadi.
BalasHapus