SILABUS BAHASA YUNANI
STT IKSM
Matakuliah :
Bahasa Yunani
Bobot :
3 SKS
Program :
S1 Teologi dan PAK
Dosen :
Dr. Junior Natan Silalahi
Deskripsi Kuliah:
Bahasa Yunani adalah bahasa asli Kitab Perjanjian Baru
memiliki sejarah yang panjang sejak abad ke-13 sebelum Masehi hingga masa kini.
Bahasa Yunani Klasik memiliki aneka ragam dialek dengan tiga dialek utama yaitu
Doric, Aeolic, dan Ionic.
Aleksander Agung anak dari Raja Philip dari makedonia, berbicara dalam dialek Attic, cabang dari dialek Ionic, dan dialek inilah yang berkembang. Dialek ini juga digunakan oleh penulis Athena kenamaan. Saat itulah permulaan dari Abad Helenistik.
Oleh karena bahasa Yunani berkembang dan bertemu dengan bahasa-bahasa lain, bahasa-bahasa ini berinteraksi satu sama lain. Hal ini menyebabkan adanya adaptasi bahasa yang dewasa ini dikenal sebagai bahasa Yunani Koine. Kata κοινη-koinê berarti umum, bermakna bahasa sehari-hari. Bahasa Yunani Koine adalah bentuk yang lebih sederhana dari bahasa Yunani klasik dan banyak unsur-unsur lain yang hilang dari bahasa Yunani klasik. Bahasa Yunani Koine inilah yang digunakan di dalam Septuaginta, yaitu terjemahan Tanakh Ibrani (Perjanjian Lama) ke dalam bahasa Yunani, Perjanjian Baru dan tulisan-tulisan dari para Bapa Gereja.
Aleksander Agung anak dari Raja Philip dari makedonia, berbicara dalam dialek Attic, cabang dari dialek Ionic, dan dialek inilah yang berkembang. Dialek ini juga digunakan oleh penulis Athena kenamaan. Saat itulah permulaan dari Abad Helenistik.
Oleh karena bahasa Yunani berkembang dan bertemu dengan bahasa-bahasa lain, bahasa-bahasa ini berinteraksi satu sama lain. Hal ini menyebabkan adanya adaptasi bahasa yang dewasa ini dikenal sebagai bahasa Yunani Koine. Kata κοινη-koinê berarti umum, bermakna bahasa sehari-hari. Bahasa Yunani Koine adalah bentuk yang lebih sederhana dari bahasa Yunani klasik dan banyak unsur-unsur lain yang hilang dari bahasa Yunani klasik. Bahasa Yunani Koine inilah yang digunakan di dalam Septuaginta, yaitu terjemahan Tanakh Ibrani (Perjanjian Lama) ke dalam bahasa Yunani, Perjanjian Baru dan tulisan-tulisan dari para Bapa Gereja.
Tujuan Kuliah:
1.
Mahasiswa mengenal Bahasa asli Perjanjian Baru, yaitu
bahasa Yunani.
2. Mahasiswa
mampu membaca dan menulis Abjad Bahasa asli Perjanjian Baru, yaitu bahasa
Yunani.
3. Mahasiswa
memiliki keahlian mampu menggali teks Alkitab Perjanjian Baru bahasa Yunani
dengan baik.
4. Mahasiswa
memiliki kemampuan untuk mengenal jenis kata dalam bahasa Yunani.
5.
Mahasiswa memiliki teologi Biblika yang baik.
Materi
Kuliah:
1. Alphabet (Abjad)
2. Diftong
3. Present
Aktif Indikatif
4. Perubahan Nomina Kategori Kedua
5. Perubahan Nomina Kategori Pertama
6.
Gramatikal
(Kala, Diatesis, Modus, Jumlah)
7.
Kata
Kerja Aktif Indikatif
8.
Kata
Sifat
9.
Preposisi
10. Kata Kerja Kini Pasif
11. Kata Ganti Penunjuk
12. Kata Ganti Diponen
13. Kala Imperfek Aktif,
14. Kala Imperfek Medial dan Pasif
|
Referensi:
Berikut ini adalah daftar buku yang dipakai sebagai referensi untuk membantu Mahasiswa mendapatkan penjelasan-penjelasan yang lebih dalam dan luas tentang pokok-pokok materi yang dibahas dalam Matakuliah Pengantar Bahasa Yunani. Karena tujuannya adalah untuk melengkapi, maka akan sangat baik jika mahasiswa bisa membaca serta mengusahakan memiliki buku-buku berikut:
Berikut ini adalah daftar buku yang dipakai sebagai referensi untuk membantu Mahasiswa mendapatkan penjelasan-penjelasan yang lebih dalam dan luas tentang pokok-pokok materi yang dibahas dalam Matakuliah Pengantar Bahasa Yunani. Karena tujuannya adalah untuk melengkapi, maka akan sangat baik jika mahasiswa bisa membaca serta mengusahakan memiliki buku-buku berikut:
1. Diktat Kuliah
2.
Ferdinand K. Suawa. Memahami
Gramatika Dasar Bahasa Yunani Koine. Bandung: Kalam Hidup, 2009.
3.
J.W Wenham. Pengantar Bahasa
Yunani. SAAT Malang.
4.
Petrus Maryono, Gramatika
Sintaksis. Diktat STII.
5.
Yoppi Margianto. Belajar Sendiri
Bahasa Yunani. Yayasan Andi.
6. Welly Pandensolang. Bahasa Yunani Perjanjian Baru.
Yogyakarta: Yayasan Andi, 2009.
Penilaian:
1. Kehadiran dan Aktif 10
%
2. Kuis 20
%
3. Tugas Pribadi 20
%
4. UTS 20
%
5. UAS 30
%
TOTAL 100
%
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
SEKOLAH TINGGI TEOLOGI IKSM
SANTOSA ASIH
Mata Kuliah : Bahasa Yunani
Bobot : 3 SKS
Jurusan/Jenjang : S1 Teologi dan Pendidikan Agama Kristen
Dosen : Dr. Junior Natan SilalahiPROSES BELAJAR MENGAJAR
Dosen :
Menerangkan (dengan contoh) ,diskusi, memberi tugas
Mahasiswa :
Mendengar, Mencatat, diskusi, mengerjakan tugas
Media :
Laptop, Papan Tulis dan Proyektor
Evaluasi :
Hasil Test Mingguan, Ujian Mid, Ujian Akhir dan Tugas
Standar Kompetensi :
1.
Mahasiswa mengenal Bahasa asli Perjanjian Baru, yaitu
bahasa Yunani.
2. Mahasiswa
mampu membaca dan menulis Abjad Bahasa asli Perjanjian Baru, yaitu bahasa
Yunani.
3. Mahasiswa
memiliki keahlian mampu menggali teks Alkitab Perjanjian Baru bahasa Yunani
dengan baik.
4. Mahasiswa
memiliki kemampuan untuk mengenal jenis kata dalam bahasa Yunani.
5.
Mahasiswa memiliki teologi Biblika yang baik.
Mata Kuliah
Prasyarat : -
Ke
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pengamalan Belajar
|
Materi Pokok
|
Alokasi waktu
|
Sumber/
Bahan Ajar
|
Penilaian
|
1.
|
Menjelaskan
Kaidah dasar Gramatika Yunani
|
a.
Mahasiswa
mengenal abjad Yunani
b.
Mahasiswa mampu
menulis alfabet
c.
Mahasiswa mampu
menulis huruf besar dan huruf kecil Yunani
d.
Mahasiswa
mengetahui Tanda Pernafasan dan Aksentuasi
|
1.
1.Penjelasan dari
kelas
2.
2. Diskusi
3.
3. Tanya jawab
dengan dosen
|
a. Abjad Yunani
b. Menulis Huruf Yunani
c. Huruf besar dan huruf kecil
d. Aksentuasi
|
1
X 120 menit
|
Bahan
Ajar
|
|
2.
|
Menjelaskan
sistem Transliterasi Yunani - Latin
|
a.
Mahasiswa mengetahui sistem trasliterasi Yunani - Latin
b.
Mahasiswa mampu mentransliterasi Yunani – Latin
c.
Mahasiswa mampu merubah kalimat Latin ke Yunani
|
1.Penjelasan
dari Kelas
2.
Diskusi
3.Tanya
jawab dengan dosen
|
a.
Transliterasi Yunani - Indonesia
b.
Merubah Kalimat Indonesia ke Yunani
c.
Menulis Abjad dengan Lancar
|
1
x 120 menit
|
Bahan
Ajar dan Alkitab Yunani
|
Kuis
|
3
|
Menjelaskan
Kata Benda Deklensi Dua
|
a.
Mahasiswa menghapal Kosa Kata Benda Yunani
b.
Mahasiswa menghapal Paradigma Nomina Maskulin Deklensi Dua
c.
Mahasiswa mengetahui Kasus dalam Deklensi Dua
|
1.Penjelasan
dari kelas.
2.Diskusi
kelompok
3.Tanya
jawab dengan dosen
|
a.
Kata Benda Yunani
b.
Paradigma Nomina Maskulin Deklensi Dua
c.
Kasus dalam Deklensi Dua
|
1
X 120 menit
|
Bahan
Ajar
|
Test
|
4
|
Menjelaskan
Kata Benda Deklensi Pertama
|
a.
Mahasiswa menghapal Kosa Kata Benda Deklensi Pertama
b.
Mahasiswa memahami Analisa Gramatikal Infleksi Nomina Feminin Sufiks
c.
Mahasiswa memahami Analisa Gramatikal Infleksi Nomina Maskulin Sufiks
|
1.Penjelasan
dari kelas
2.Diskusi
kelompok
3.Tanya
jawab dgn dosen
|
a.
Kosa Kata Benda Deklensi Pertama
b.
Gramatikal Infleksi Nomina Feminin
Sufiks
c.
Gramatikal Infleksi Nomina Maskulin
Sufiks
|
1
X 120 menit
|
Bahan
Ajar
|
|
5
|
Menjelaskan
Kata Kerja Kini Aktif Indikati
|
a.Menjelaskan
Analisa Gramatikal (Kala, Diatesis, Modus, Jumlah)
b.Mengetahui
Analisa Kata Kerja Aktif Indikatif
c.
Mengetahui Infleksi Kata Kerja Kini
|
1.Penjelasan
dari kelas
2.
tanya jawab dengan dosen
|
a.Gramatikal
(Kala, Diatesis, Modus, Jumlah)
b.
Analisa Kata Kerja Aktif Indikatif
c.
Infleksi Kata Kerja Kini
|
1
X 120 menit
|
Bahan
Ajar
|
Test
Kilat
|
6
|
Menjelaskan
Kata-kata Sifat Deklensi Pertama dan Kedua
|
a.
Menjelaskan analisa Gramatikal
b.
Mengetahui Infleksi Kata
c.
Mengetahui Penggunaan Kata Siftat
|
1.Penjelasan
dari kelas.
2.Tanya
jawab dengan dosen
3.Diskusi
kelompok
|
a.
Analisa Gramatikal
b.Infleksi
Kata
c.
Kata Sifat
|
1
X 120 menit
|
Bahan
Ajar,
Alkitab
Yunani
|
|
7
|
Mnjelaskan
Preposisi Yunani
|
a.
Menjelaskan Preposisi Yunani
b.Menghapal
Preposisi Yunani
c.
Mentejemahkan
|
1.Penjelasan
dari kelas
2.
Tanya jawab
3.
Diskusi dgn dosen
|
a.
Preposisi Yunani
b.
Preposisi Yunani dalam kalimat
c.
Mentejemahkan
|
1
X 120 menit
|
Bahan
ajar, Alkitab Yunani
|
Test
Kilat
|
8
|
Menjelaskan
Kata Kerja Kini Pasif Indikatif
|
a.
Mahasiswa menghapal Kosa Kata
b.
Mahasiswa memahami infleksi Kata Kerja Kini Pasif Indikatif
c.
Mahasiswa memahami prinsip Diatesis Pasif
|
1.Penjelasan
dari Kelas
2.
Diskusi di kelas
3.
Tanya bjawab dengan dosen
|
a.
Kosa Kata
b.
Infleksi Kata Kerja Kini Pasif Indikatif
c.
Prinsip Diatesis Pasif
|
1
X 120 menit
|
Bahan
Ajar, Alkitab
|
|
9
|
Menjelaskan
Kata Kerja Kini Medial Indikatif
|
a.
Mahasiswa menghapal Kosa Kata
b.
Mahasiswa memahami Analisa Gramatikal Kata Kerja Kini Pasif Indikatif
c.
Mahasiswa Infleksi Kata Kerja Kini Medial Indikatif
|
1.penjelasan
dari kelas
2.Diskusi
kelompok
3.
Tanya jawab dengan dosen
|
a.
Menghapal Kosa Kata
b.
Analisa Gramatikal Kata Kerja Kini Pasif Indikatif
c.
Infleksi Kata Kerja Kini Medial Indikatif
|
1
X 120 menit
|
Bahan
Ajar, Kamus
|
Test
kilat
|
10
|
Menjelaskan
Kata Ganti Orang
|
a.
Mahasiswa menghapal Kosa Kata
b.
Mahasiswa memahami Analisa Gramatikal Kata Ganti orang
c.
Mahasiswa mengetahui Infleksi Pronomina orang pertama, kedua, ketiga
|
1.Penjelasan
dari kelas
2.Diskusi
kelompok
3.tanya
jawab dgn dosen
|
a.
Kosa Kata
b.
Analisa Gramatikal Kata Ganti orang
c.
Infleksi Pronomina orang pertama, kedua, ketiga
|
1
X 120 Menit
|
Bahan
ajar, Kamus Yunani
|
|
11
|
Menjelaskan
Kata Ganti Penunjuk
|
a.
Mahasiswa menghapal Kosa Kata
b.
Mahasiswa memahami Analisa Gramatikal Kata Ganti Penunjuk
c.
Mahasiswa mengetahui Infleksi kata ganti Penunjuk Jauh, Itu dan penunjuk
dekat, Ini
|
1.penjelasan
dari kelas
2.Diskusi
kelompok
3.Tanya
jawab dgn dosen
|
a.
Kosa Kata
b.Gramatikal
Kata Ganti Penunjuk
c.
Infleksi kata ganti Penunjuk Jauh, Itu dan penunjuk dekat, Ini
|
1
X 120 menit
|
Bahan
Ajar, Alkitab Yunani
|
|
12
|
Menjelaskan
Kata Kerja Diponen dan Infinitif Kini
|
a.
Mahasiswa menghapal Kosa Kata
b.
Mahasiswa memahami Analisa Gramatikal Kata Kerja Diponen dan Infinitif Kini
c.
Mahasiswa mengetahui Kaidah Infinitif
|
1.Penjelasan
dario kelas
2.Diskusi
kelompok
3.Tanya
jawab dengan dosen
|
a.
Kosa Kata
b.Gramatikal
Kata Kerja Diponen dan Infinitif Kini
c.
Kaidah Infinitif
|
1
X 120 menit
|
Bahan
Ajar, SABDA Soft Ware
|
Test
kilat
|
13
|
Menjelaskan
Imperfek Aktif Indikatif
|
a.
Mahasiswa menghapal Kosa Kata
b.
Mahasiswa memahami Infleksi Kala Imperfek Aktif Indikatif
c.
Mahasiswa mengetahui Analisis Gramatikal
d. Mahasiswa memahami Infleksi Imperfek
Indikatif eimi
|
1.penjelasan
dari kelas
2.Diskusi
kelompok
3.Tanya
jaeab dgn dosen
|
a.
Kosa Kata
b.
Infleksi Kala Imperfek Aktif Indikatif
c.
Analisis Gramatikal
d.
Infleksi Imperfek Indikatif eimi
|
1
X 120 menit
|
Bahan
Ajar, SABDA Software
|
|
14
|
Menjelaskan
Imperfek Medial dan Pasif Indikatif.
|
a.
Mahasiswa menghapal Kosa Kata
b.
Mahasiswa memahami Analisis Gramatikal
c. Mahasiswa memahami Formula Imperfek Medial
dan Pasif Indikatif
|
1.Pnjelasan
dari kelas
2.Diskusi
kelompok
3.Tanya
jawab dgn dosen
|
a.
Kosa Kata
b.
Analisis Gramatikal
c.
Formula Imperfek Medial dan Pasif Indikatif
|
1
X 120 menit
|
Bahan
Ajar, Alkitab Yunani, SABDA Software
|
Kuis
|
Literatur:
1. Diktat Kuliah
2.
Ferdinand K. Suawa. Memahami
Gramatika Dasar Bahasa Yunani Koine. Bandung: Kalam Hidup, 2009.
3.
J.W Wenham. Pengantar Bahasa
Yunani. SAAT Malang.
4.
Petrus Maryono, Gramatika
Sintaksis. Diktat STII.
5.
Yoppi Margianto. Belajar Sendiri
Bahasa Yunani. Yayasan Andi.
6.
Welly Pandensolang. Bahasa Yunani Perjanjian
Baru. Yogyakarta: Yayasan Andi, 2009.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar